Microsoft Excel merupakan sebuah spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft. Dengan menggunakan Microsoft Excel kita dapat melakukan pekerjaan kita demgam lebih mudah. Salah satu keunggulan Microsoft Excel adalah fungsi Protect Sheet. Dengan fungsi tersebut kita dapat mengunci beberapa cell sehingga cell tersebut tidak dapat diedit oleh orang lain. Oleh karena itu, kali ini saya akan membahas mengenai cara mengunci beberapa cell dalam Microsoft Excel.
Langkah pertama, hilangkan efek Lock Cell pada semua cell
Langkah:
a. Blok semua cell pada dokumen Excel yang akan dikunci dengan meletakkan cursor mouse pada pojok dokumen sehingga bertada (+) atau klick (Ctrl+A)
b. Pada tab Home - menu Cells, pilih Format > Lock Cell
Langkah Pertama |
Langkah:
a. Blok cell yang akan dikunci
b. Pilih kembali Format > Lock Cell
Langkah Kedua |
Langkah:
a. Pada tab Home - menu Cells, pilih Format > Protect Sheet...
b. Hilangkan tanda cetang pada Select locked cells (ini menunjukkan bahwa cells yang sudah di-lock tidak dapat dipilih)
c. Masukkan password pada kolom Password to unprotect sheet:
d. Klik OK
e. Masukkan kembali password yang digunakan tadi
f. Klik OK
Langkah Ketiga |
Cell yang sudah kita blok tadi tidak dapat dipilih dan diedit, untuk mengembalikannya cukup pilih kembali Format > Unprotect Sheet... dan masukkan password yang kita gunakan.
Unprotect |
Selamat Belajar,
0 komentar:
Posting Komentar