RSS

Manfaat Menulis Resensi Buku

Apakah kamu suka membaca buku? Jika ya, cobalah untuk menulis resensi. Cara menulis resensi buku dapat dibaca disini.
BACA CARA MENULIS RESENSI >>

Kegiatan menulis resensi buku ini memberikan banyak manfaat, antara lain menambah wawasan dan mengasah daya pikir. Selain itu, menulis resensi juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan menulis tulisan lain seperti opini ataupun berita. Karena ketika menulis resensi, bahan tulisan yang akan kita tulis sebenarnya telah tersedia yaitu buku yang kita baca, sedangkan untuk menulis opini dan berita, kita harus melakukan riset dan menggali informasi secara lengkap terlebih dahulu. Selain itu, resensi juga tidak akan basi berbeda dengan berita atau opini yang harus up to date.

Resensi yang kita hasilkan pun memiliki beberapa manfaat, baik bagi penulis, penerbit, pembaca, maupun bagi peresensi sendiri.

1.Bagi Penulis Buku
Bagi penulis buku, resensi buku berfungi untuk memperoleh umpan balik dan saran mengenai buku yang ia tulis serta sebagai masukan bagi proses kreatif penulisan selanjutnya. Selain itu, juga sebagai sarana untuk mengetahui sambutan masyarakat dan penerimaan atas buku yang ia tulis.

2. Bagi Penerbit
Bagi penerbit, resensi buku berfungsi untuk memperkenalkan buku yang diterbitkannya kepada para calon pembaca dan sebagai ajang promosi.

3. Bagi Pembaca
Bagi pembaca, resensi buku dapat dijadikan sebagai sumber informasi ataupun pertimbangan mengenai layak atau tidaknya sebuah buku untuk dibaca atau dimiliki. Pembaca juga dapat mengetahui perbandingan buku yang ditulis oleh penulis yang sama atau buku lain sejenis yang ditulis oleh penulis yang lain. Selain itu, dengan adanya resensi, pembaca dapat mengetahui gambaran dan penilaian umum terhadap isi buku yang diresensi.

4. Bagi Peresensi
Bagi peresensi, resensi dapat digunakan sebagai sarana untuk mengasah daya pikir kritis dan melakukan kritik serta koreksi terhadap sebuah buku. Resensi buku juga dapat memberikan pemahaman yang komprehensif bagi resensor terhadap buku yang telah ia baca. Peresensi juga dapat mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikan lebih jaug mengenai permasalahan ataupun topik yang diangkat dalam sebuah buku.

Selain itu, jika resensi yang kita buat kita kirim ke media massa dan dimuat, kita dapat menerima honor dari media massa tersebut. Resensi yang kita buat juga dapat kita kirim ke penerbit dan jika penerbit menyukai resensi kita, biasanya kita akan memperoleh buku gratis sebagai imbalannya. Beberapa resensi buku yang saya tulis disini (Delapan Buku) ada yang saya kirim ke penerbit dan memperoleh buku gratis sebagai hadiahnya.

Beberapa manfaat dan keuntungan menulis resensi tersebut, semoga dapat menambah semangat dalam menulis resensi.

Selamat Belajar,


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

portal-ilmu.com mengatakan...

sering kali kita juga mendapat buku untuk diresensi (bonus), dan mungkin itu bisa termasuk juga dalam manfaat peresensi :) yang mungkin pecinta buku. :D

Posting Komentar

Tulisan dalam blog ini boleh ditulis ulang dengan tetap mencantumkan tautan ke blog ini. Diberdayakan oleh Blogger.